Tiga Kecamatan di Wonogiri Dilanda Bencana Hujan Angin

Trending 1 month ago

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bencana hujan angin melanda tiga wilayah kecamatan di Kabupaten Wonogiri. Terdiri atas Kecamatan Pracimantoro, Kecamatan Wuryantoro dan Kecamatan Eromoko. Tidak ada korban jiwa, tapi menyebabkan puluhan pohon tumbang dan merusak setidak-tidaknya tiga rumah penduduk.

Tiga rumah masyarakat nan rusak di tiga wilayah kecamatan di Kabupaten Wonogiri tersebut, pemicunya lantaran tertimpa pohon nan tumbang. Kejadiannya berjalan Kamis petang dan Kamis malam (14/3). Warga menyatakan, awalnya turun hujan lebat nan kemudian disertai angin kencang. Ini membikin penduduk menjadi panik.

Di Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, dilaporkan musibah hidrometeorologi tersebut, berakibat merusak rumah dapur milik Agus Riyanto (70) di Dusun Sawahan RT 2/RW 8 Desa Sedayu. Pemicu kerusakan, lantaran tertimpa pohon tumbang.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, Jumat (15/3), menyatakan, telah dilakukan penanganan darurat pada musibah nan menimpa rumah dapur milik Agus Riyanto.

Penanganan darurat dilakukan oleh Petugas Piket Koramil-13/Pracimantoro Sertu Sahid dan Serda Dwi Raharjo beserta Anggota Polsek Pracimantoro. Bersama Relawan Prabu, perangkat desa dan warga, dilakukan upaya menyingkirkan pohon tumbang nan merobohi rumah dapur. Juga menyingkirkan puing-puing reruntuhan rumah dapur.

Musibah pohon tumbang nan menimpa rumah warga, juga dialami oleh Ny Kamijem di Dusun Jambangan RT 01/RW 07, Desa Sumberejo, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri. Berikut juga merusak rumah milik Krisdiyanto di Dusun Demangan RT 02/RW 04, Desa Ngunggahan, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri.

Menyikapi perihal tersebut, petugas piket Koramil dan Polsek di Kecamatan Wuryantoro dan Eromoko, telah berupaya mendatangi lokasi, untuk memimpin penanganan darurat. Itu dilakukan berbareng perangkat desa, relawan siaga musibah tingkat desa dan penduduk masyarakat serta dikoordinasikan dengan Pemerintah Kecamatan.
Bambang Pur