Tiga Jenis Makanan Yang Wajib Dihindari Para Penderita Maag Saat Berpuasa

Trending 3 months ago

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Memasuki bulan Ramadan seperti sekarang ini, tentunya bagi umat muslim bakal menjalankan ibadah puasa dari waktu subuh hingga terbenamnya mentari alias waktu maghrib.

Selama berpuasa, tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan dalam waktu nan cukup lama sehingga masam lambung bisa naik ke kerongkongan. Hal ini dikarenakan penderita maag tidak bisa sembarangan mengonsumsi makanan, khususnya saat menjalani puasa.

Namun, bagi para penderita maag, melakukan ibadah puasa tentunya memerlukan perlakuan khusus, terutama dalam mempunyai makanan nan dikonsumsi saat berbuka puasa alias saat sahur.

Baca Juga: Tips Menghilangkan Nyeri Saat Maag Kambuh

Walaupun puasa tidak batal, penderita masam lambung boleh saja jika mau membatalkan puasa untuk minum obat masam lambung alias lantaran tidak kuat untuk berpuasa.

Tak jarang penderita GERD merasa cemas selama berpuasa lantaran adanya perubahan pola makan tersebut. Nyatanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa penyakit GERD sembuh dengan puasa selama penderitanya tetap menjalani style hidup sehat.

Sejatinya dengan berpuasa, para penderita maag juga dapat merasakan pengaruh positif dari aktivitas tersebut. Namun, perihal ini juga perlu diperhatikan dengan tidak mengonsumsi makanan secara asal-asalan nan bisa berisiko menimbulkan maag.Dilansir dari Suara.com, berikut ini 3 jenis makanan nan wajib dihindari para penderita maag saat berpuasa.

Baca Juga: Ini Perbedaan Asam Lambung dan Maag, Kamu Wajib Tahu!

1. Makanan Dengan Tinggi Lemak

Makanan dengan kadar lemak tinggi sebaiknya cukup dihindari untuk dikonsumsi para penderita maag saat menjalani ibadah puasa. Melansir dari tulisan berjudul “The Best and Worst Foods for Acid Reflux”, makanan berlemak berisiko menunda pengosongan perut. Hal ini dapat membikin kadar masam lambung menjadi meningkat dan rawan menyebabkan nyeri lantaran iritasi berlebih.

Sejatinya makanan berlemak tetap diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh penderita maag. Akan tetapi, tentunya dengan jumlah nan sangat terbatas. Beberapa makanan tinggi lemak nan dianjurkan untuk dihindari oleh penderita maag adalah beragam jenis gorengan, makanan dengan kuah santan, makanan tinggi minyak dan juga beberapa olahan susu.

2. Makanan Pedas

Bagi Anda nan mempunyai maag, tentunya cukup membatasi mengonsumsi makanan dengan kadar pedas nan cukup tinggi. Hal ini lantaran berisiko meningkatkan kadar masam lambung dan juga memperparah iritasi pada lapisan tembok dalam lambung.

Baca Juga: Dapat Meredakan Gejala Maag, Ini Empat Manfaat Jamu Beras Kencur Bagi Kesehatan

Melansir dari tulisan berjudul “Heartburn: Foods to Avoid”, makanan pedas perlu dihindari dikonsumsi berlebih saat berpuasa bagi penderita maag. Terutama saat dalam kondisi perut kosong saat berbuka puasa. Hal ini rawan menyebabkan perut terasa panas dan dapat memicu indikasi maag.

3. Minuman dan Makanan Berkafein Tinggi

Makanan dan minuman berkafein tinggi juga kudu dihindari oleh para penderita maag saat menjalani ibadah puasa. Minuman tinggi kafaein seperti soda, kopi, teh dan minuman beralkohol juga rawan menyebabkan kadar masam lambung menjadi naik. Selain itu, makanan nan terbuat dari bahan-bahan tinggi kafein diatas juga berisiko menyebabkan perihal nan sama.

Nah, itulah beberapa makanan nan pantang dikonsumsi oleh penderita maag saat berpuasa. Semoga info ini berfaedah bagi kita semua.

Claudia