SMA Kristen Satya Wacana Gelar Pelatihan Pencegahan Bullying dan Kekerasan Seksual

Trending 1 month ago

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Dalam rangka menanggapi Rapor Pendidikan pada komponen peningkatan keamanan sekolah, Sekolah Menengah Atas (SMA) Kristen Satya Wacana menggelar “Pelatihan Pencegahan Bullying dan Kekerasan Seksual di Sekolah” pada Rabu (13/3/2024).

Kegiatan nan berjalan di Ruang Teater Terbuka ini diikuti sebanyak 55 peserta nan terdiri dari pembimbing dan tenaga kependidikan (Tendik) SMA Kristen Satya Wacana.

Kepala Sekolah Jumadi, S.Pd., M.Si., menerangkan, aktivitas ini diselenggarakan untuk meningkatkan keamanan sekolah khususnya pemahaman tentang tindakan bullying dan kekerasan seksual serta upaya pencegahannya.

“Berdasarkan latar belakang tersebut, kami berkomitmen untuk menyelenggarakan aktivitas training pencegahan bullying dan kekerasan seksual di sekolah bagi para pembimbing dan tendik,” terangnya.

Diharapkan melalui materi nan disampaikan dapat membuka wawasan bagi pembimbing untuk mengetahui parameter tindakan bullying serta tindakan pencegahannya. “Sebetulnya aktivitas ini baru pertama kali dilakukan. Adapun tindak lanjut ke depannya, para pembimbing bakal mengadakan pertimbangan dari penerapan materi hari ini dan menentukan tindakan pencegahan nan tepat,” katanya.

Alur penanganan

Dihadirkan sebagai narasumber dalam pelatihan, Inspektur Polisi Satu (IPTU) Junia Rakhma Putri, S.Tr.K., M.H., Kepala Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Salatiga nan mengupas tuntas tentang “Alur Penanganan Permasalah Bullying dan Kekerasan Seksual”.

Dalam paparannya, Junia Rakhma Putri mengungkapkan beragam kasus bullying dan kekerasan seksual nan terjadi pada anak-anak. “Generasi nan kita hadapi sekarang adalah generasi strawberry, mereka condong mudah rapuh. Perlu diketahui bahwa sebagian besar perundung berasal dari inner child nan terluka,” jelasnya.