Sebelum Beraksi Perang Sarung, 31 Remaja Diamankan

Trending 1 month ago

TEGAL (SUARABARU.ID) – Polres Tegal Kota sukses mengamankan kembali 31 remaja nan diduga bakal melakukan tindakan perang sarung, Rabu (13/3/2024).

“Mereka sukses diamankan berbareng peralatan buktinya saat berdompol di Jalan KS Tubun, Tegal Selatan, Kota Tegal pada Rabu (13/3/2024) awal hari,” kata Kapolres Tegal Kota melalui Kasat Reskrim AKP Darwan.

Kasat menyampaikan, untuk memberikan rasa kondusif terhadap masyarakat, pihaknya rutin menggelar patroli campuran fungsi. Apalagi saat ini bulan suci ramadhan.

Perang sarung nan biasanya berujung pada tindakan tawuran para remaja kata Kasat pihaknya bakal mengambil tindakan tegas dan tidak segan untuk memproses para pelaku secara hukum.

“Tadi pagi kita mengamankan 31 remaja nan diduga hendak melakukan tindakan perang sarung. Lokasinya di Jalan KS Tubun, Tegal Selatan sekitar pukul 03.00 WIB. Berikut peralatan bukti 5 sarung nan diikat ujungnya dan 12 unit sepeda motor,” terang Kasat Reskrim kepada awak media di kantornya.

Kasat Reskrim menegaskan, perang sarung bukan lagi corak kenakalan remaja biasa. Tapi ada tendensi nan menjurus pada tindakan pidana. Untuk itu, kami bakal mengambil tindakan tegas dan bakal memproses secara norma jika terbukti ada pelanggaran pidana di dalamnya.

“Untuk memberikan pengaruh jera, kami memberikan hukuman wajib lapor seminggu dua kali terhadap mereka pada setiap hari Senin dan Kamis.

Memang mereka belum melakukan langsung tindakan perang sarung alias tawuran. Namun untuk mencegah kejadian tersebut, maka mereka kita amankan,” terang Kasat Reskrim.

Kasat Reskrim juga membujuk para orang tua, tokoh masyarakat, para pembimbing untuk memberikan edukasi pada para remaja. Bahwa perang sarung ataupun tawuran adalah tindakan rawan dan dapat terkena sangsi pidana. Apabila sampai melukai apalagi menghilangkan nyawa orang lain.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk waspada dan mengawasi pergaulan anak-anaknya. Arahkan anak-anak kita untuk mengisi bulan Ramadhan ini dengan aktivitas keagamaan nan bermanfaat,” imbaunya.

Sementara itu, Nasekhu salah satu orang tua dari para remaja tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada jejeran Kepolisian. Atas aktivitas dari Polres Tegal Kota untuk mencegah terjadinya tindakan tawuran. Sehingga tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

“Saya mewakili para orang tua nan datang pada kesempatan ini, mengucapkan banyak terimakasih kepada Polres Tegal Kota dan jajarannya. nan sudah peduli kepada anak-anak kami, untuk mencegah terjadinya tindakan perang sarung ataupun tawuran. Sehingga tidak sampai menimbulkan korban akibat kejadian tersebut,” tuturnya.

Sutrisno