Polres Tegal Kota Sita Bahan Pembuat Petasan

Trending 1 month ago

TEGAL (SUARABARU.ID) – Polres Tegal Kota telah sukses menyita bahan-bahan untuk pembuatan petasan, rumah penduduk wilayah Kelurahan Kemandungan, Tegal Barat, Kota Tegal, Kamis (14/3/2024).

Razia dengan menyasar sejumlah letak alias penjual petasan nan berada di wilayah Tegal Barat, petugas sukses menyita sebanyak 30 bendel kertas bahan baku petasan. Kemudian 300 butir selongsong petasan kosong jenis Leo dan 1 karung tanah liat sebagai dedel alias dasar sumbu petasan.

Kapolres Tegal Kota melalui Kapolsek Tegal Barat Kompol Aris Heriyanto mengatakan, aktivitas razia ini dalam rangka Operasi Pekat (penyakit masyarakat). Untuk menjaga situasi sepanjang bulan ramadhan hingga lebaran Idul Fitri 1445 H agar tetap kondusif kondusif.

“Jajaran Kepolisian saat ini menggelar operasi pekat. Dengan tujuan untuk memberikan rasa kondusif dan nyaman kepada masyarakat. Terlebih kepada umat muslim nan sedang menunaikan ibadah di bulan Ramadhan tanpa bisingnya bunyi petasan,” ungkap Kapolsek.

Sasaran dari razia petasan tersebut, lanjut Kapolsek, dengan melakukan pemeriksaan ke sejumlah lokasi. nan di prediksi menjadi sentra produksi dan jual beli petasan. Kegiatan tersebut sebagai upaya mewujudkan situasi kamtibmas nan kondusif selama bulan Ramadhan 1445H.

“Mereka nan kedapatan memproduksi alias menjual petasan kita amankan untuk di mintai keterangan. Sedangkan peralatan bukti berupa bahan baku petasan langsung kita sita dan bawa ke Mapolsek untuk kita dimusnahkan,” tegasnya.

Kapolsek mengimbau kepada masyarakat Kota Tegal, untuk saling menghormati satu sama lainnya dengan tidak bermain petasan.Selain mengganggu ketertiban umum, petasan juga dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Masyarakat dihimbau untuk tidak bermain-main dengan bahan peledak. Seperti petasan alias petasan maupun kembang api. Karena ada ancaman hukumnya sesuai dengan Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 Pasal 1 ayat (1).

“Kami berambisi aktivitas ibadah ramadhan tahun ini bisa melangkah kondusif kondusif. Jangan sampai ada kejadian ledakan petasan seperti tahun lampau di luar Kota Tegal, nan sampai menelan korban jiwa,” pungkas Kapolsek.

Sutrisno