PMI Kebumen Tuan Rumah Pertemuan Forpis Korwil 2 Jateng

Trending 1 month ago

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Palang Merah Indonesia (PMI) Kebumen menjadi tuan rumah penyelenggaraan Gerakan Bersama Forum Remaja Palang Merah Indonesia (Forpis) Korwil Dua (Gesfokoda) Jateng, Minggu (10/3).

Kegiatan berjalan di dua tempat. Yaitu di Markas PMI Kebumen Jalan Arungbinang dan Pantai Kembar, Kecamatan Puring.

Peserta merupakan perwakilan personil Forpis dari 13 kabupaten dan kota. Terdiri atas PMI Purworejo, Klaten,Sragen, Kota Surakarta, Karangganyar, Kebumen, Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Wonosobo dan Temanggung.

Wakil Ketua PMI Kebumen Salim Wazdy mengungkapkan, aktivitas nan mengangkat tema Peran Palang Merah Remaja dalam Ketangguhan Iklim dipilih mengingat cuaca nan sedang ekstrim nan dialami kudu bisa disikapi dengan bijak dan penuh kehati-hatian (siaga).

blankPeserta Gerakan Bersama Forum Remaja Palang Merah Indonesia (Forpis) Korwil Dua Jateng, Minggu (10/3) menerima sertifikasi di Pantai Kembar, Puring, Kebumen.(Foto:SB/Humas PMI Kbm)

Menurut Salim, PMI Kebumen nan terpilih menjadi tuan rumah pada aktivitas Gesfokoda  kali ini tentu merasa sangat senang dan bersyukur. Terlebih aktivitas ini sangat inovatif mengangkat tema peran PMR dalam ketangguhan suasana lantaran perlu diperhatikan cuaca nan sedang kita rasakan pekan akhir ini sangat ekstrim dengan hujan intensitas deras meski pagi harinya panas.

“Perubahan suasana dan cuasa ekstrim Ini contoh mini nan kudu kita sikapi dengan kegiatan-kegiatan nan positif,” ujar Salim.

Lebih Jauh dia berambisi aktivitas tersebut menjadi arena edukasi anak PMR dan memperkenalkan Kabupaten Kebumen baik dari wisata, budaya maupun kuliner.

“Adik-adik PMR selama di Kebumen bisa memandang indahnya malioboro Kebumen, memandang bagusnya Pantai Kembar dan belajar penangakaran penyu sekaligus di sana,”tambah Salim.

Sebanyak 51 peserta mengikuti aktivitas secara antusias. Kegiatan berupa sharing season, fun games, hormat lingkungan dengan melukis ember cat sebagai media tempat sampah di pantai, dan berjamu di konservasi penangkaran penyu.

Acara ditutup dengan pemberian sertifikat dan pembagian cinderamata.  Fatin peserta asal Kabupaten Klaten merasa sangat ceria dan puas terhadap aktivitas Gesfokoda.

“Saya Fatin asal Forpis PMI Klaten merasa sangat senang bisa ikut aktivitas Gesfokoda kali ini di Kabupaten Kebumen. Banyak sekali pengetahuan baru nan didapatkan di sini. Terutama belajar kepemimpinan, belajar handal terhadap iklim, dan menarik belajar dan memandang langsung penangkaran penyu nan ada di Pantai Kembar,”aku Fatin.

Komper Wardopo