OJK Raih Penghargaan Pengendalian Gratifikasi Terbaik Nasional

Trending 1 month ago

JAKARTA (SUARABARU.ID) – Awal Maret 2024 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meraih dua penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan menempati ranking I alias terbaik.

Penghargaan tersebut diberikan untuk Program Pengendalian Gratifikasi Terbaik Nasional dan Program Pengendalian Gratifikasi Terbaik pada kategori Kementerian/Lembaga untuk tahun 2023.

Ketua Dewan Audit OJK, Sophia Wattimena, menyampaikan, penghargaan itu merupakan bentuk dari komitmen OJK berbareng seluruh pegawainya dalam menjaga integritas sebagai otoritas di sektor jasa keuangan.

“Penghargaan ini menunjukkan bahwa strategi pencegahan dan pemberantasan fraud OJK telah melangkah dengan baik dan ini merupakan salah satu corak apresiasi atas upaya OJK nan secara terus menerus mengedepankan prinsip tata kelola nan baik dalam setiap penyelenggaraan tugasnya,” kata Sophia.

Dengan penghargaan ini maka OJK telah menerima enam kali penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pada 2023, OJK sukses mempertahankan penghargaan nan sama dengan nan diterima pada 2022, ialah ranking I Program Pengendalian Gratifikasi Terbaik Nasional berbareng 2 lembaga lain dengan nilai maksimal 100.

“Sebelumnya, pada tahun 2016, 2017, 2018, dan 2020, OJK juga meraih penghargaan sebagai lembaga dengan Sistem Pengendalian Gratifikasi Terbaik,” kata Kepala Departemen Literasi, Inklusi Keuangan dan Komunikasi OJK, Aman Santosa.

Penilaian dilakukan berasas hasil monitoring dan pertimbangan program pengendalian gratifikasi nan diselenggarakan KPK setiap tahun atas aspek penyelenggaraan diseminasi, penilaian dan mitigasi akibat gratifikasi, inovasi, dan pengelolaan laporan gratifikasi.

OJK terus berkomitmen untuk memperkuat manajemen akibat dan penegakan integritas secara berkepanjangan dalam mewujudkan transformasi governansi dan mendorong continuous improvement guna menjaga ekosistem sektor finansial nan sehat dan dipercaya masyarakat.

Hery Priyono