Kapolda Jateng Beri Bantuan Korban Banjir di Pekalongan, Pastikan Kebutuhan Pokok Warga Terpenuhi

Trending 3 months ago

PEKALONGAN (SUARABARU.ID) – Kapolda Jawa Tengah, Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi berbareng PJU Polda Jawa Tengah mengunjungi korban banjir di wilayah Desa Wangandowo Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan, Kamis (14/3/2024).

Kedatangan Kapolda ini untuk memberikan support sembako dan memastikan kebutuhan pokok bagi korban banjir tercukupi.

Diketahui, banjir terjadi sejak Rabu sore (13/3/2024) sekitar pukul 17.00 WIB, dimana saat itu hujan deras mengguyur sebagian besar wilayah Kabupaten Pekalongan, tak terkecuali wilayah Bojong.

Luthfi dalam kunjungannya menyambangi tempat pengungsian, tepatnya di kediaman Rifani, Sekretaris Desa Wangandowo.

Menurut Luthfi, saat ini Kapolres, Dandim, dan Sekda sudah melakukan identifikasi mengenai banjir bandang nan terjadi di Desa Wangandowo, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan. Selain itu, juga sudah dilakukan pendataan rumah nan rusak.

“Ada sekitar 70 rumah nan rusak. Brimob, Sabhara, TNI dan masyarakat saat ini tetap pembersihan rumah,” kata Luthfi.

Luthfi mengatakan, rumah-rumah nan rusak tersebut nantinya bakal dibangun kembali. “Akan kita bangun kembali rumah-rumah nan rusak. Dari pihak perusahaan bakal merecovery semua rumah penduduk nan rusak, sehingga mereka bisa kembali ke rumah masing-masing,” ungkapnya.

“Posko kesehatan juga sudah didirikan, nan diperlukan saat ini adalah antisipasi andaikan timbul banjir susulan,” imbuhnya.

Luthfi menyebut, di wilayah Jawa Tengah saat ini nyaris rata-rata terdampak banjir. “Di Semarang ada 17 titik banjir, sedangkan untuk Pekalongan Kota juga kelak bakal saya cek,” ujarnya.

Ning S