Evakuasi Korban Banjir, Basarnas Semarang Terjunkan 3 Tim dan Perahu Karet

Trending 1 month ago

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Hujan seharian dengan intensitas sedang hingga ekstrim pada Rabu (13/3/2024) malam sampai Kamis (14/3/2024) malam nan melanda Kota Semarang mengakibatkan Ibukota Jawa Tengah terkepung banjir.

Dari wilayah barat, timur, tengah hingga utara, banjir dengan ketinggian mulai 40 cm hingga 150 cm lebih itu membikin masyarakat nan terdampak kudu mengungsi.

Ratusan potensi SAR dan relawan berjibaku berupaya menyelamatkan penduduk nan terdampak banjir dan kudu mengungsi, terutama anak-anak, wanita, serta orang sakit.

Tak terkecuali Basarnas Semarang. Pihaknya menerjunkan 3 tim komplit dengan perahu karet dan truk angkut personel untuk mengevakuasi penduduk nan kebanjiran.

“Banyak permintaan nan masuk ke kami untuk dievakuasi, terutama lansia dan anak-anak balita, sehingga kami terjunkan 3 tim untuk melakukan evakuasi,” ungkap Kepala Basarnas Semarang, Budiono dalam keterangannya, Jumat (15/3/2024).

“Tim berasosiasi dengan potensi SAR lain untuk mengevakuasi warga, diantaranya di Mangkang, Genuk, Muktiharjo Kidul dan Tlogosari Kulon nan terendam cukup parah,” kata Budiono.

Tercatat hingga Jumat (15/3/2024) awal hari tepatnya pukul 01.30 WIB, sebanyak 200 jiwa telah sukses dievakuasi oleh Basarnas dan tim SAR campuran dari beberapa titik. Namun nomor tersebut bisa bertambah, mengingat ada penduduk nan melakukan pemindahan berdikari dan juga beberapa titik sukses dievakuasi oleh tim SAR lainnya.

“Saat ini banjir sudah mulai surut lantaran intensitas hujan mulai turun, dan beberapa penduduk nan sempat mengungsi sudah kembali ke rumah mereka masing-masing. Namun, di beberapa titik nan terdampak banjir parah tetap tergenang air cukup tinggi,” terangnya.

Menurut Budiono, saat ini luas Jalan Kaligawe juga tetap tergenang air cukup tinggi, sehingga belum bisa dilalui segala jenis kendaraan, dan kemacetan jalur pantura Semarang tak terelakkan. Hal ini lantaran hujan tetap sesekali turun dengan intensitas tinggi.

“Menurut prakiraan BMKG Semarang, tetap bakal turun hujan dengan curah nan cukup tinggi hingga pekan depan. Diharapkan penduduk Semarang tetap waspada. Jika butuh support silahkan hubungi Basarnas di Nomor (024) 115 alias 7629192. Pelayanan operasi SAR gratis,” tandas Budiono.

Ning S