Dua Dapur Umum Layani Korban Banjir di 4 Kecamatan

Trending 1 month ago

JEPARA(SUARABARU.ID) – Berlangsung di tengah suasana ibadah puasa, Pemerintah Kabupaten Jepara memenuhi kebutuhan makan sahur dan berbuka untuk korban banjir di 4 kecamatan, dari 2 dapur umum.

“Satu dapur umum berada di Batukali (Kecamatan Kalinyamatan), bisa menyiapkan 1500 porsi. Satu lagi di Sowan Kidul (Kedung) berkapasitas 2000 porsi,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko nan pada Jumat siang (15/3/2024) memantau langsung kondisi wilayah dan para korban banjir.

Menurut Edy Sujatmiko, hingga Jumat (15/3/2024), setidaknya terdapat 4 desa di 4 kecamatan nan mengalami musibah tersebut. Keempatnya adalah Desa Batukali, Kecamatan Kalinyamatan; Desa Gerdu, Kecamatan Pecangaan; Desa Sowan Kidul, Kecamatan Kedung; dan Desa Welahan, Kecamatan Welahan.

Saat memantau banjir di Sowan Kidul, Batukali, dan Gerdu pada Jumat siang, dia mengkoordinir kesiapan dapur umum dan beragam kebutuhan korban banjir berbareng sejumlah pejabat Pemkab Jepara. Mereka di antaranya Asisten Pemerintahan dan Kesra Ratib Zaini; Asisten Perekonomian dan Pembangunan Hery Yulianto; Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Muh Tahsin; Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Arwin Noor Isdiyanto; Kepala Satpol PP dan Damkar Trisno Santosa; serta Kepala Dinas Kesehatan Mudrikatun. Hadir juga Ketua PMI Kabupaten Jepara Sutejo S. Sumarto.
blank
Di Sowan Kidul, Edy Sujatmiko secara simbolis menyerahkan support beras dan susu nan diterima Camat Kedung Tri Wijatmiko. Sedangkan di Batukali, diterima Petinggi Batukali Sarmani.

Usai memandang langsung kondisi terkini, Edy Sujatmiko menyebut setidaknya terdapat dua aspek penyebab banjir ini.

“Selain curah hujan, ada aspek manusia. Buktinya kita memandang keberadaan sampah di saluran air pada letak banjir,” katanya.

Dalam info nan dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara, banjir di Jepara saat ini telah terjadi di 4 desa nan berada di 4 kecamatan. Lokasinya berada Desa Gerdu, Kecamatan Kalinyamatan; Desa Batukali, Kecamatan Pecangaan; Desa Sowan Kidul, Kecamatan Kedung; dan Desa Welahan Kecamatan Welahan.

Di Desa Gerdu, terdapat 206 kepala family (KK) nan terdampak dengan ketinggian air antara 40 cm sampai 50 cm. Warga terdampak berada di 6 Rukun Tetangga (RT), semuanya berada di wilayah Rukun Warga (RW) 1. Rinciannya, RT 1 sebanyak 61 rumah, RT 2 (41 rumah) RT 6 (4 rumah), RT 7 (3 rumah), RT 8 (20 rumah), dan RT 09 (50 rumah).

Di Batukali, Kecamatan Pecangaan, banjir setidaknya menggenangi 355 rumah nan dihuni 480 KK, dengan total korban 1.675 jiwa. Ketinggian air di permukiman penduduk berkisar 30 cm sampai 60 cm.
blank
Sedangkan di Desa Sowan Kidul, Kecamatan Kedung, terdapat 249 KK nan terdampak banjir sekitar 50 cm, berada di RT 2 RW 2 dan RT 3 RW 2.

“Air mulai masuk ke permukiman pada Kamis (14/3/2024) sore sekitar pukul 16.00 WIB,” kata Camat Kedung Tri Wijatmiko.

Hadepe – Bkp