Diterjang Puting Beliung, 50 Rumah Warga Batang Rusak

Trending 1 month ago

BATANG (SUARABARU.ID) – Diterjang angin puting beliung, sebanyak 50 rumah penduduk Desa Tegalsari, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang mengalami kerusakan. Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki meninjau letak musibah tersebut sekaligus menyalurkan bantuan, Jumat (15/3/2024).

Pj Bupati mengatakan, cuaca ekstrim beberapa hari ini di Kabupaten Batang sangat luar biasa khususnya tanggal 13 Maret 2024 terjadi angin puting beliung. “Saya meninjau langsung kondisi letak terjadinya musibah angin puting beliung agar bisa memetakan rumah nan mengalami kerusakan untuk dibantu pembaharuan secara berjenjang sekaligus memberikan support awal berupa sembako,” ujarnya.

“Bantuan ini diberikan dengan kerjasama Pemkab Batang berbareng PMI dan Baznas Batang agar dapat membetulkan rumah nan rusak. Rata-rata kerusakan pada rumah penduduk itu di bagian atap, tembok dan plafon rumah nan rusak ditiup angin kencang,” jelasnya.

Bahkan, beberapa rumah penduduk di Desa Tegalsari rusak berat dengan kondisi tidak layak ditempati lantaran bagian genting dan plafon ambruk ke tanah.

Dijelaskan, angin puting beliung itu muncul berasal dari Lapangan Sepak Bola nan berada di wilayah tersebut, baru menuju rumah warga. “Beruntung tidak ada korban jiwa, lantaran ketika terjadi musibah penduduk langsung keluar rumah untuk menyelamatkan diri,” ungkapnya.

BPBD Batang berbareng TNI Polri menerjunkan petugas untuk membantu masyarakat membersihkan puing-puing reruntuhan rumah nan tetap berantakan. “Untuk kondisi terkini bisa dikatakan sudah normal, namun masyarakat kami minta tetap waspada menghadapi kemungkinan musibah susulan,” tegasnya.

Sementara itu, Dandim Batang Letkol Inf Ahmad Alam Budiman menyampaikan, cuaca ekstrim nan sekarang melanda Kabupaten Batang sekarang ini banyak menimbulkan beberapa musibah seperti banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung.

“Kami selalu siap memberikan support personel dalam membantu tenaga untuk meringankan beban masyarakat nan terdampak dengan bergotong royong membersihkan puing-puing rumah penduduk nan terkena musibah angin puting beliung,” terangnya.

Personel nan diterjunkan dalam cuaca ekstrim di Kabupaten Batang ialah satu pleton pasukan nan berisi 37 personil TNI.

Sedangkan, menurut Wakapolres Batang AKBP Raharja menyampaikan, Polres Batang bakal menerjunkan 1 pleton pasukan nan berisi 25 personil Polri.

Nur Muktiadi