Banjir Kendal Belum Surut, Warga Mulai Diserang Gatal-Gatal

Trending 1 month ago

KENDAL (SUARABARU.ID)- Banjir nan melanda di sejumlah wilayah Kabupaten Kendal sejak Rabu 13 Maret 2024 malam hingga hari ini Jumat 15 Maret 2024, belum juga surut.

Tak sedikit, penduduk mengaku mengeluhkan kakinya nan mulai gatal- gatal lantaran seringnya keluar masuk rumah dengan kondisi kaki terendam banjir.

Rumiati (45) penduduk Kompleks Rumah Sangat Sederhana(RSS) Kelurahan Langenharjo, mengatakan sejak Rabu 13 Maret 2024 malam, perkampungan di RSS sudah kemasukan air.

Namun mulai Kamis 14 Maret 2024 pagi, air mulai masuk rumah hingga saat ini belum juga surut.

“Susah banget Mas, banjir. Kakinya basah terus dan sekarang mulai gatal- gatal,”kata Rumiati.

Rumiati mengaku, meski sudah dua hari ini, belum juga ada support dari pihak mengenai meskipun hanya berupa sembako.

“Belum ada support dari mana pun, tukang sayur keliling juga seharian tidak ada nan masuk kampung. Jadi saya dan anak- anak makan seadanya dulu,”ujar Rumiati.

Sementara itu, info dari Pusat Pengendalian dan Operasi(Pusdalops) BPBD Kabupaten Kendal, ada sekitar 14 kelurahan dan 20 desa alias 34 letak tersebar di sejumlah kecamatan nan hingga saat ini terendam banjir. Rata- rata, ketinggian airnya antara 40 hingga 50 sentimeter.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Kabupaten Kendal, Huda Kurniawan mengatakan, hingga saat ini banjir di Kabupaten Kendal belum juga terlihat ada tanda- tanda bakal surut.

Bahkan di Dusun Kemloko Desa Kalibareng Kecamatan Patean, rumah milik Ibu Sutinah (65) Roboh akibat terus-menerus diguyur hujan.

Beruntung, rumah milik Sutinah ini nan roboh hanya di bagian belakang dan tidak sampai menyantap korban jiwa.

Sapawi