Antisipasi Maraknya Petasan, Tawuran, dan Miras, Kapolsek Muntilan Libatkan Kades

Trending 1 month ago

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) –Kapolsek Muntilan, Polresta Magelang, AKP Abdul Muthohir, membujuk para kepala desa (Kades) dan kepala kelurahan (Lurah) berkedudukan aktif dalam menjaga Kamtibmas di wilayah masing-masing. Kades dan Lurah diharapkan dapat aktif mencegah maraknya penggunaan petasan, tawuran alias perang sarung dan peredaran minuman keras (miras) di wilayah Muntilan.

Hal itu disampaikan Kapolsek Muntilan dalam rapat koordinasi di Aula Kecamatan Muntilan nan menghadirkan pejabat Forkompincam, Kades dan Lurah se-Kecamatan Muntilan, Kamis (14/3/2024) pagi.

Dalam kesempatan itu Kapolsek menegaskan bahwa untuk pemberantasan penyakit masyarakat, pihaknya konsentrasi pada sasaran peredaran miras, petasan, serta tawuran alias perang sarung nan menggunakan senjata tajam alias perangkat lainnya.

“Minuman keras dapat memicu perbuatan nan melanggar hukum, seperti tawuran dan penganiayaan. Untuk itu kami dari jejeran kepolisian bakal menindak tegas terhadap para pelaku mengenai minuman keras, baik penjual maupun konsumennya,” tegas AKP Muthohir.

Ditambahkan, dalam bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, masyarakat diminta untuk tidak memproduksi, menjual, dan menyalakan petasan alias mercon. Para Kades dan Lurah diminta aktif menyosialisasikan pentingnya menjaga Kamtibmas, agar masyarakat nyaman dan intens dalam beragama di bulan Ramadan.

“Dalam seremoni 1 Syawal 1445 Hijriyah alias malam takbir, diimbau cukup dilakukan di masjid, mushala, alias di rumah masing-masing. Tidak perlu dengan pawai alias takbir keliling dengan berkendaraan,” pinta AKP Muthohir.

Camat Muntilan, Titok Lestianto, mendukung rayuan dari Kapolsek Muntilan. Demikian pula pihak Koramil 14/Muntilan sangat mendukung terciptanya suasana sejuk di wilayah Muntilan, baik selama bulan Ramadan dan waktu selanjutnya.

Eko Priyono